Connect with us

DESTINASI

Pemkab Tangerang Kembangkan Objek Wisata Hutan Bakau

Published

on

Salah satu wisata hutan bakau.

Bantenraya.id, Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengembangkan objek wisata hutan bakau (mangrove) di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga pada lahan seluar 12 hektare dengan melibatkan warga sebagai pemilik tambak.

“Saat ini sudah dikerjakan pembuatan jembatan dan jalan menuju ke lokasi wisata,” kata Sekretaris Daerah Pemkab Tangerang, Moch Maesyal Rasyid di Tangerang, Senin.

Maesyal mengatakan penanaman pohon bakau sedang dilakukan secara bertahap dengan melibatkan petani tambak ikan dan udang.

Bahkan pihaknya juga sudah melakukan kerja sama dengan Perum Perhutani sebagai pemilik sebagian lahan untuk dijadikan objek wisata bahari itu.

Dia mengatakan saat ini juga dikerjakan penataan tanaman bakau karena merupakan pendukung utama objek wisata yang nantinya dijadikan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tangerang.

Menurut dia, di lokasi tersebut juga dibuatkan tempat memancing, arena bermain anak serta tempat kuliner.

Menyangkut kuliner, bahwa prioritas utama adalah warga setempat dapat menjajakan aneka makanan untuk dijual kepada pengunjung.

Dia menambahkan program pembuatan wisata bahari itu dilakukan dua instansi yakni Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) serta Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pemkab Tangerang.

Khusus menyangkut penanaman bakau dilakukan DPK dengan mengajak warga pemilik tambak untuk menanam secara teratur.

Demikian pula ada kepedulian sejumlah perusahaan swasta untuk menanam pohon bakau demi mengurangi kawasan pesisir dari bahaya abrasi.

Belakangan ini, abrasi telah menerjang tanaman produktif penduduk di kawasan pesisir akibat ombak perairan Laut Jawa menyebabkan beberapa kecamatan yang semula daratan kemudian berubah menjadi pantai.

Dalam pendataan DPK setempat bahwa abrasi menerjang daratan mulai dari Kecamatan Kosambi, perbatasan dengan DKI Jakarta hingga ke Kecamatan Kronjo bersebelahan dengan Kabupaten Serang. Demikian seperti dikutip Antara. (net)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DESTINASI

“Kampung Batik” Larangan Jadi Destinasi Wisata

Published

on

Mural Batik yang ada di Kampung Batik, Larangan, Tangerang, Banten.

Bantenraya.id, Tangerang – “Kampung Batik” yang berlokasi di Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan telah menjadi destinasi wisata baru di Kota Tangerang, Banten.

Kepala Bidang Kebudayaan Kota Tangerang Sudadi di Tangerang Rabu (14/3/2018), mengatakan sebutan Kampung Batik di wilayah tersebut karena warga setempat memiliki keterampilan dalam membuat batik.

“Warga juga secara mandiri menghias lingkungan dengan motif batik seperti tembok pemukiman dan beberapa ruang publik lainnya,” katanya, seperti dilansir Indonesiaraya.co.id.

Keterampilan warga dalam membuat batik mendorong kawasan ini menjadi Kampung Batik dan destinasi wisata baru.

Sebagai bagian dari pengembangannya, Sudadi mengatakan, Pemkot Tangerang rutin melakukan pelatihan membatik kepada warga.

Tercatat, ada 40 warga yang ikut dalam pelatihan tersebut sejak tanggal 6 Maret 2018 lalu selama empat hari.

Kemudian, begitu juga pengembangan melalui sanggar batik yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Jumat. “Pelatihan akan kita lakukan rutin dalam pengembangan kreatifitas warga,” ujarnya.

Sementara itu untuk sisi pariwisatanya, Kabid Pariwisata Rizal Ridallah menambahkan jika Kampung Batik Larangan telah mulai banyak dikenal warga.

Hal tersebut terlihat dari banyak warga yang datang untuk melakukan swafoto di Kampung Batik tersebut. Selain itu, sosialisasi melalui berbagai forum pun terus dilaksanakan.

Diakuinya, kehadiran Kampung Batik semakin menambah pilihan bagi warga dalam melaksanakan wisata lokal setelah sebelumnya ada Kampung Bekelir.

“Jadi, transformasi Kota Tangerang sebagai Kota Layak Dikunjungi pun semakin nyata karena setiap wilayah menyediakan wisata yang bagus dan menarik,” ujarnya. (gan)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending