Connect with us

KULINER

Olahan Berbahan Talas Raih Lomba Cipta Menu

Published

on

Pangan lokal yang menjadikan menu keluarga di Kabupaten Lebak cukup banyak ditemukan di masyarakat. Kebanyakan makan olahan itu menggunakan bahan baku umbi-umbian.

Bantenraya.id, Lebak – Makanan olahan berbahan talas dari kelompok Pembinaan Pemberdayaan Keluarga (PKK) Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, berhasil meraih juara lomba cipta menu yang diselenggarakan dinas ketahanan pangan setempat.

Kepala Bidang Ketersedian Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak Wismaryoto di Lebak, Kamis (6/9/2018), mengatakan, kegiatan lomba cipta menu bertujuan untuk memperkaya keanekaragaman pangan lokal.

Selama ini, pangan lokal yang menjadikan menu keluarga di Kabupaten Lebak cukup banyak ditemukan di masyarakat. Kebanyakan makan olahan itu menggunakan bahan baku umbi-umbian.

Namun, pangan lokal tersebut hanya dijadikan makanan sampingan keluarga dan bukan menjadikan makanan pokok.

Karena itu, pihaknya menyelenggarakan lomba cipta menu agar masyarakat tidak bergantung kepada beras saja, tetapi perlu diversifikasi dengan bahan pangan lainnya.

“Kami berharap melalui lomba cipta menu, masyarakat bisa mengembangkan pangan lokal dan tidak perlu bergantung kepada beras,” ujarnya.

Menurut Wismaryoto, lomba cipta menu diikuti sebanyak 28 peserta terdiri dari kelompok PKK yang tersebar di 28 kecamatan.

Lomba dinilai berdasarkan kandungan gizi dan karbohidrat dari makanan yang dibuat peserta sesuai yang ditentukan panitia penyelenggara.

Adapun, tim juri melibatkan dinas kesehatan, ahli gizi, juga ahli masak dari Jakarta.

Peserta yang berhasil meraih juara dari kelompok PKK Kecamatan Cibadak dengan produk pangan lokal dari talas.

Produk makanan talas itu dikukus dan dicampur bumbu-bumbu sehingga memiliki cita rasa lezat, serta memiliki kandungan gizi dan karbohidrat mencapai nilai yang ditentukan panitia.

Sedangkan, juara kedua dari kelompok PKK Kecamatan Rangkasbitung dengan menciptakan produk makan lokal dari gadung.

Dimana gadung itu bisa dijadikan nasi uduk gadung yang juga memiliki rasa yang menggugah selera.

“Kami optimistis makanan olahan talas itu bisa meraih juara lomba cipta menu tingkat Provinsi Banten,” katanya. (msr)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending