Connect with us

SERANG

Tol Serang-Panimbang Mulai Pengerjaan Betonisasi

Published

on

Pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sepanjang kurang lebih 83 Kilometer, sebagian sudah mulai memasuki tahap bentonisasi pada seksi pertama di sekitar Kecamatan Walantaka Kota Serang.

Bantenraya.id, Serang – Pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sepanjang kurang lebih 83 Kilometer, sebagian sudah mulai memasuki tahap bentonisasi pada seksi pertama di sekitar Kecamatan Walantaka Kota Serang.

Manajer Operasional PT Wijaya Karya (Wika) Serang-Panimbang Muhamad Ali di Serang, Kamis (18/10/2018), mengatakan, saat ini pihaknya mulai mengerjakan betonisasi di ruas Tol Serang-Panimbang. Pengerjaan itu dilakukan setelah sebelumnya proses pembebasan lahan dan pekerjaan lean concrete atau lantai kerja rampung dikerjakan.

“Sudah mulai dikerjakan pembangunan rigid betonnya tahap awal beton Tol Serang-Panimbang,” katanya.

Ia mengatakan, beton akan menjadi permukaan ruas Tol Serang-Panimbang mulai dari STA 0 hingga titik akhir di STA 83. PT Wika Serang-Panimbang belum berencana agar beton dilapisi asphalt concrete- wearing course (AC-WC) atau aspal beton.

“Semuanya akan berbentuk rigid beton, belum sampai pada pekerjaan lanjutan dengan melakukan pengaspalan ac-wc di atas permukaan yang telah dikerjakan,” kata Ali.

Ali mengatakan, secara umum pengerjaan konstruksi tol dibagi dalam tiga seksi. Seksi 1 yaitu dari Serang hingga Rangkasbitung, seksi 2 Rangkasbitung hingga Cileles dan Seksi 3 dari Bojong hingga Panimbang.

“Porsi BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) itu Serang hingga Cileles atau seksi 1 dan 2, dengan panjang 50,67 kilometer. Saat ini progresnnya untuk seksi 1 sudah 9,69 persen dan ditarget selesai pada November 2019. Sedangkan untuk seksi tiga menjadi porsi pemerintah, direncanakan mulai konstruksi pada Januari 2019 dan selesai pada Agustus 2020 bersamaan dengan penyelesaikan seksi 2,” kata Ali.

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) I Pembangunan Tol Serang-Panimbang Sugandhi mengatakan, dengan sebagian besar lahan seksi I yang telah dibebaskan, pengerjaan fisik pun sudah mulai dilakukan. Untuk saat ini proses pengerjaan fisik sudah memasuki tahap betonisasi.

“Sekarang sudah berjalan pembangunan, jalan tol sudah dilakukan pembangunan di lahan yang sudah bebas. Bahkan sudah ada yang dibeton sepanjang sekitar 2 kilometer,” katanya.

Menurut Sugandhi, untuk mendukung pengerjaan fisik, pelaksana proyek pun sudah menempatkan sejumlah alat beratnya. Bahkan pengerjaan fisik sudah bisa dilihat oleh publik jika melintasi Tol Tangerang-Merak dari arah Tangerang.

Masih terkait pengerjaan fisik, kata dia, selain menuntaskan proses pembebasan lahan, pihaknya juga kini sedang mengurus revisi penetapan lokasi (penlok) Tol Serang-Panimbang. Revisi dilakukan karena ada penambahan kebutuhan lahan untuk pembangunan Junction Walantaka.

“Memang ada rencana di Desa Kaserangan, ada penambahan (lahan). Sekarang dalam proses kelengkapan administrasi di kementerian dan badan usaha karena ini desa yang tidak masuk penlok, maka perlu dilakukan revisi penlok,” kata Sugandhi. (mul)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SERANG

Kendaraan Taktis Armor Water Canon di Kerahkan Polres Serang Bantu Air Bersih Masyarakat

Published

on

Polres Serang bantu air bersih masyarakat Domas dan Wanayasa Kabupaten Serang yang kekeringan karena dampak musim kemarau.

Bantenraya.id, Serang – Satuan Samapta Polres Serang juga melakukan kegiatan bhakti sosial dengan menyalurkan air bersih untuk warga Desa Domas dan Wanayasa di Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, yang juga dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia

Polres Serang melakukan pengiriman air bersih ini dengan menggunakan empat kendaraan taktis Armor Water Canon (AWC) Sat Samapta Polres Serang dan bantuan kendaraan pemadam kebakaran. Kecamatan Pontang yang terletak di pesisir utara Kabupaten Serang yang wilayah ini merupakan salah satu daerah yang terdampak musim kemarau.

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, di Serang, Minggu (18/8/2019) mengatakan, apa yang dilakukan oleh Polres Serang dengan mengirim bantuan air bersih adalah salah satu bagian dari kegiatan bhakti sosial. Upaya ini sebagai wujud kepedulian Polri kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih.

“Pengiriman bantuan air bersih merupakan bagian dari kegiatan bhakti sosial Polres Serang Polda Banten. Mudah-mudahan bantuan air bersih ini dapat membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih,” kata AKBP Indra Gunawan.

Menurut Kapolres Serang, pembagian air bersih tersebut merupakan program berjenjang hasil dari deteksi daerah yang dinilai kekurangan air bersih karena kemarau panjang. Indra memastikan program tersebut akan terus berjalan, karena Polres Serang juga akan melakukan pemetaan di titik lain yang membutuhkan air.

“Kebetulan kami punya fasilitas kendaraan taktis AWC dengan kapasitas 5000 liter. Kita enggak punya kendaraan tangki khusus untuk menyalurkan air, tetapi kami mendapat bantuan kendaraan dari Pemkab Serang untuk mengatasi pengiriman air lebih banyak,” kata Indra Gunawan.

Ia mengatakan, jika membutuhkan distribusi air, masyarakat bisa menghubungi personel Bhabinkamtibmas atau bisa datang langsung ke Mapolsek setempat. Nantinya, personel Polsek atau Bhabinkamtibmas akan melaporkan ke Kapolsek untuk diteruskan ke Mapolres Serang.

“Kami siap mengirimkan bantuan ke lokasi yang membutuhkan,” kata AKBP Indra Gunawan.

Dengan adanya bantuan air bersih tersebut, warga Desa Wanayasa nampak membawa berbagai macam tempat penampungan air mulai dari ember kecil hingga drum plastik berukuran puluhan liter. Meski demikian, pembagian air bersih yang dilakukan Polres Serang berjalan lancar, tidak terjadi saling serobot dan tertib.

Ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, Kapolda Banten sangat mengapresiasi upaya upaya Kapolres dalam menanggulangi permasalahan kamtibmas dan kesulitan masyarakat yang sangat mendasar ini.

Edy mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kapolres Serang yang telah tergerak hati bersama anggotanya untuk bersama pemerintah setempat membantu mendistribusikan air bersih dengan menggunakan sarana kendaraan mobil dinas Polres Serang, untuk kepentingan masyarakat.

“Semoga layanan ini bermanfaat dan bisa dirasakan oleh rakyat kita,” kata Edy Sumardi Priadinata. (myn)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SERANG

Berbagai Lomba di Gelar Warga Serang Meriahkan HUT RI

Published

on

Warga Perumahan Bumi Agumg Permai 1 Kota Serang antusias mengikuti kegiatan karnaval dan jalan santai dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 di lingkungannya.

Bantenraya.id, Serang – Masyarakat Kota Serang secara antusias menggelar berbagai perlombaan dalam rangka memeriahkan puncak peringatan HUT Ke-74 RI di daerah itu, Sabtu (17/8/2019).

Berbagai kegiatan yang dilakukan warga hampir di semua lingkungan tempat tinggal masing-masing, di antaranya jalan santai, karnaval, lomba permainan tradisional, panjat pinang, lomba permainan anak, dan menangkap bebek.

“Kami ingin memberikan hiburan bagi masyarakat karena momentun Agustusan ini hanya satu tahun sekali,” kata Suparno, petugas panitia kegiatan Agustusan di lingkungan perumahan Bumi Agung Permai 1 Kota Serang.

Ia mengatakan kegiatan di kompleks tersebut dimulai dengan jalan santai yang diikuti ratusan warga, baik orang tua maupun anak-anak.

Karnaval tersebut menampilkan berbagai kreasi masyarakat, pakaian adat, serta kreasi seni. Kegiatan tersebut dilakukan di sekitar kompleks perumahan. Setelah jalan santai dilanjutkan dengan pembagian undian berhadiah.

“Alhamdulillah kelihatannya warga sangat senang karena ini momentum kebersamaan dan tidak membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antargolongan,” kata Suparno.

Dia mengatakan malam puncak peringatan HUT Ke-74 RI di lingkungan itu akan dilaksanakan pada Sabtu malam dengan menampilkan berbagai kreasi seni oleh anak-anak setempat.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim mengharapkan peringatan HUT RI sebagai kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran sebagai bangsa yang merdeka.

“Sadar sebagai warga negara, sadar hukum, sadar sosial, juga sadar bahwa kemerdekaan itu harus diisi oleh pembangunan,” kata dia.

Sebagaimana disampaikan Presiden, kata Wahidin, ada perubahan-perubahan pada masa sekarang ini dengan adanya kemajuan teknologi sehingga tidak boleh tertinggal secara teknologi.

“Membangun sistem, sistem yang harus memudahkan rakyat. Karena sesungguhnya kemerdekaan itu ialah kedaulatan rakyat,” katanya usai menghadiri rapat paripura DPRD setempat untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada Jumat (16/8/2019). (myn)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SERANG

Ratusan Siswa SD Ikuti Pesta Siaga Pramuka

Published

on

Pesta Siaga 2019 dalam rangkaian hari pramuka di Lapangan Dinas Pariwisata Provinsi Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang, Rabu (14/8).

Bantenraya.id, Serang – Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) se Provinsi Banten mengikuti pembukaan dan aneka lomba dalam Pesta Siaga 2019 dalam rangkaian hari pramuka di Lapangan Dinas Pariwisata Provinsi Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang, Rabu (14/8/2019).

Pesta Siaga Pramuka tahun ini mengambil tema ‘Gembira, Ceria, dan Berbudaya’.

Wakil Ketua Bina Muda Kwarda Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, pesta siaga merupakan acara rutin tahunan dengan tujuan melakukan pembinaan bagi anak anak pramuka tingkat siaga.

“Para Ananda harus lebih menyayangi keluarga seperti janjinya dalam Dwi Dharma Pramuka. Ananda harus sayang sama ayah dan bundanya.” kata Eneng Nurcahyati.

Eneng yang juga Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten ini menjelaskan, selain sayang ayah dan ibu, peserta pesta siaga juga dibimbing untuk lebih mencintai budaya, mengetahui para pahlawan, serta keterampilan dasar agar anak anak siap menghadapi perkembangan di masanya nanti.

“Generasi sekarang harus disiapkan dalam menghadapi era 4.0. Jadi pramuka dari siaga harus diarahkan siap menghadapi perubahan perubahan pada zamannya. Dan itu harus dilakukan sejak dini,” kata Eneng.

Sementara itu ketua Pesta Siaga 2019, Imas Masiah menerangkan, setelah pembukaan kegiatan tersebut langsung digelar aneka lomba yang melibatkan seluruh peserta pesta siaga. Ada 9 mata lomba yang dipertandingkan untuk mengasah pengetahuan dan kemampuan dasar para Siswa SD ini.

“Ada 9 mata lomba yang dipertandingkan yang kita sebut taman, diantaranya pengetahuan agama dan budi pekerti, patriotisme, teknologi budaya, peduli lingkungan, dan lain lain,” kata Imas.

Ia mengatakan, meskipun antar peserta ada kompetisi dalam perlombaan tersebut, namun tetap dibuat suasana gembira dan ceria sesuai tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut. (ant)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending