Connect with us

TANGERANG

REKTOR UPJ: Kehadiran PT Asing Berdapak Positif

Published

on

Rektor Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Bintaro Kota Tangerang Selatan, Banten, Leenawaty Limantara

Bantenraya.id, Tangerang – Rektor Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Bintaro Kota Tangerang Selatan, Banten, Leenawaty Limantara mengatakan, kehadiran Perguruan tinggi asing di Indonesia lebih memberikan dampak positif bagi pendidikan

Menurut dia, Perguruan Tinggi (PT) asing dapat mendorong kompetisi dan inovasi antarperguruan tinggi di Indonesia,
sehingga memiliki dampak yang baik jika dibandingkan mendatangkan rektor atau dosen asing.

“Misalkan PT asing harus berkolaborasi dengan PT dalam negeri jadi dengan cara itu sebenarnya kita dibangun, terus jenis prodi yang dibuka yang hightech, yang sains dengan fasilitas lab besar yang mungkin kalau di Indonesia bangun kan besar sekali, kan ini menolong sekali, jadi PT asing tak hanya membawa dosennya, tetapi juga teknologinya, membawa infrastrukturnya, dan sarana-prasarana tentunya akan menolong Indonesia,” papar dia di Tangerang Kamis (8/8/2019).

Dia menjelaskan, alasan dukungannya kepada PT asing di Indonesia, pertama telah diatur dalam perjanjian bilateral antar Pemerintah Indonesia dengan berbagai negara beberapa tahun lalu.

“Sudah ada banyak perjanjian, kalau perjanjian itu dilanggar berarti merugikan negara, kalau kemudian itu ditarik akan menjadi masalah integritas bangsa,” ujarnya

Kedua, kata Leenawaty, kehadiran PT asing yang masuk harus memenuhi persyaratan yang diatur oleh pemerintah pusat melalui Kemenristekdikti. Aturan yang dibuat juga untuk menguntungkan PT dalam negeri.

“Pemerintah sangat memproteksi kehadiran PT asing, Pemerintah ingin PT kita bahu-membahu dengan PT asing,” ujarnya.

Oleh karenanya, kata dia, kehadiran PT asing di Indonesia tidak perlu disikapi dengan alergi dan defensif sebab secara alamiah akan membawa kemajuan bagi Indonesia.

“Indonesia agak lemah di bidang MIPA, kan PT asing disuruhnya kesana, bukan di bidang yang kita sudah kuat,” ucapnya.

Namun demikian kehadiran PT asing menimbulkan potensi gulung tikar bagi PT dalam negeri, sebab masyarakat akan memiliki banyak pilihan PT.

“Ada PT asing lebih bagus, konsumen diuntungkan, tapi sebagai pengelola seperti kita ini PT harus kerja keras, kalau tidak gulung tikar, jadi sebenarnya PT asing itu yang menentang PT sendiri mungkin ya, terutama PT yang merasa tidak mampu bersaing,” ujarnya.

Keuntungan lainnya, masyarakat tak perlu pergi ke luar negeri untuk belajar ke negara asal PT yang dituju, Jika PT asing hadir maka akan memudahkan dan lebih hemat dalam biaya pendidikan.

“Masyarakat happy aja, harusnya keluar negeri biaya mahal, tapi PT asing ada di dalam negeri dengan ijazah yang sama, dikeluarkan dari PT di luar negeri,” katanya.

Ditanyakan apakah sudah banyak PT asing yang menggandeng PT dalam negeri, menurutnya saat ini belum banyak di Indonesia.

“Yang sudah ada dari Australia yang serius, namun masih dalam tataran dibahas, istilahnya kontraknya dirapihkan dan lainnya, PT asing yang sudah sukses diterapkan itu adanya di Malaysia, kan ada PT dari UK dari Australia berdiri disana,” kata dia.

Selain Malaysia, di Asia Tenggara PT asing juga sudah masuk ke Vietnam. Kehadirannya pun memberikan dampak bagi pendidikan negara-negara tersebut.

“Kalau dipelajari mereka sudah maju pendidikannya, itu justru karena ada intervensi, jadi kadang kadang kita butuh itu,” tambahnya. (ant)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TANGERANG

Pemkot Tangerang Bantu Percepatan Pembangunan Tol JORR 2

Published

on

Wali Kota Tangerang Arief didampingi para pejabat Pemkot Tangerang dan perwakilan dari JKC melakukan peninjauan lapangan terkait pembangunan JORR 2.

Bantenraya.id, Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang akan membantu PT. Jasamarga Kunciran Cengkareng dalam percepatan pembangunan jalan tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) Kunciran – Cengkareng.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Minggu (22/9/2019) menjelaskan jalan tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) Kunciran – Cengkareng merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Kota Tangerang.

Proyek ini ditargetkan rampung pada tahun 2019 sehingga pada pertengahan atau triwulan pertama tahun 2020 sudah bisa dipergunakan sesuai dengan semestinya.

Sementara itu, proses fisik Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) Kunciran – Cengkareng hingga saat ini masih berada di posisi 58 persen.

Sedangkan target pembangunan pada bulan September 2019 adalah 80 persen untuk ruas tol sepanjang 14,19 Kilometer.

“Pemkot akan membantu percepatan salah satu proyek nasional ini. Maka itu, segala kendala yang dihadapi oleh pihak JKC akan kami bantu sebab dampaknya juga untuk masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sementara itu Dirut PT. JKC Agus Suharjanto menyatakan salah satu kendala saat ini yang menjadi faktor penghambat proses pembangunan JORR 2 adalah terkait pembebasan lahan.

“Masih ada 20 persen yang harus dikejar proses pembangunannya, dan diharapkan bisa selesai sesuai target di akhir tahun,” terang Agus.

Sebagai informasi, jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran akan terbagi menjadi empat seksi, yaitu seksi pertama Simpang Susun Kunciran-Interchange Sultan Ageng Tirtayasa sejauh 2,04 kilometer.

Seksi kedua dari Interchange Sultan Ageng Tirtayasa-On/Off Ramp Benteng Betawi sejauh 3,52 kilometer. Seksi ketiga di On/Off Ramp Benteng Betawi-Interchange Husein Sastranegara sejauh 6,57 kilometer.

Seksi keempat di Interchange Husein Sastranegara-Simpang Susun Benda dengan jarak 2,06 kilometer. “Titik akhir jaringan jalan tol JORR2 berada di ruas Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran,” katanya. (adi)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

TANGERANG

Pemkot Tangerang Gelar Uji Emisi Kendalikan Kualitas Udara

Published

on

Kegiatan Uji emisi di Kota Tangerang dalam mengendalikan kualitas udara

Bantenraya.id, Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan uji emisi gratis bagi kendaraan pribadi dan angkutan barang yang bertujuan untuk mengendalikan dan menjaga kualitas udara dari sumber tercemar.

“Jadi, tujuan dari uji emisi juga terdapat kegiatan pengukuran kualitas udara pinggir jalan raya dan pengukuran kinerja lalu lintas,” kata Sekretaris DLH setempat Agus Henra Fitrahiyana di Tangerang Rabu (18/9/2019).

Menurutnya, uji emisi gratis diadakan selama tiga hari mulai Selasa (17/9/2019) hingga Kamis (19/9/2019) di tiga lokasi yakni Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman dan Imam Bonjol.

Kegiatan uji emisi salah satu upaya Pemkot dalam mendukung program langit biru yang dijalankan oleh Kementerian Lingkungan hidup.

Adapun kendaraan bermotor yang diuji adalah kendaraan bermotor berbahan bakar bensin, gas atau solar/diesel kategori penumpang dan angkutan barang.

Target kendaraan untuk kategori kota metropolitan dan kota besar jumlah data valid minimal dua ribu unit. “Kendaraan yang mengikuti uji emisi maka akan mengetahui besarnya emisi gas buang, juga mengetahui tingkat pemenuhan ambang batas emisi gas buang,” ujarnya.

Ia menyebutkan dengan dilakukannya uji emisi gratis, Pemerintah Kota Tangerang mengajak pengguna kendaraan bermotor untuk lebih peduli pada kualitas udara.

Khususnya kualitas emisi kendaraan bermotor demi mewujudkan perilaku masyarakat yang lebih sadar lingkungan serta mewujudkan kualitas udara yang sehat.

“Jika tidak lulus uji emisi kami himbau pengguna untuk membawa kendaraannya ke bengkel,” ucapnya. (adi)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

TANGERANG

Pemkot Tanggerang – Baznas Santuni 2.600 Anak Yatim dan Dhuafa

Published

on

Pemerintah Kota Tangerang, Banten bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional memberikan santunan kepada 2.600 anak yatim piatu dan kaum dhuafa dalam rangkaian Perayaan Bulan Muharram 1441 Hijryah.

Bantenraya.id, Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang, Banten bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional memberikan santunan kepada 2.600 anak yatim piatu dan kaum dhuafa dalam rangkaian Perayaan Bulan Muharram 1441 Hijryah.

“Selain menjadi bagian dari rangkaian acara Festival Al-A’zhom Ke-8 Tahun 2019, Santunan ini adalah bentuk perhatian dan kepedulian sosial kita kepada anak yatim dan dhuafa,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Rabu (11/9/2019).

Pengumpulan dana santunan yang berasal dari seluruh pegawai ASN di Pemkot Tangerang ini, diharapkan Arief dapat menambah semangat belajar untuk menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

“Kita ajak teman-teman ASN untuk menyisihkan sebagian hartanya dan dibagikan untuk anak yatim piatu, semoga santunan ini bermanfaat untuk anak-anak kita,” imbuh Wali Kota.

“Anak yatim piatu dan dhuafa yang mendapatkan santunan berasal dari 13 kecamatan dan 104 kelurahan se-Kota Tangerang yang memang sudah di data sebelumnya,” tukasnya.

Festival Al-A’zhom sendiri masih berlangsung hingga 12 September 2019 dengan berbagai acara, seperti Karnaval Budaya, Festival Marawis dan Hadrah, Tabligh Akbar.

Seminar, Kajian dan Dialog Interaktif, Aneka Lomba Islami, Festival Marching Band, Kegiatan Spiritual dan Sosial, BKPRMI Mencari Bakat, MTQ Antara Bangsa dan Hadrah Berkelas Internasional, Bazar, Santunan Anak Yatim dan Dhuafa, Pawai Sarungan Nusantara dan Donor Darah.

Ketua Baznas Kota Tangerang, KH. M. Aslie El Husyairy menjelaskan, Baznas telah banyak memiliki program bersama Pemkot dalam membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian, ada juga program lainnya di bidang pendidikan, sosial dan keagamaan lainnya. Yang kini sedang dioptimalkan adalah pembuatan ATM beras di setiap Kelurahan sehingga memudahkan dhuafa dalam menerima bantuan sebab lebih dekat. Sebab ATM beras dibangun di setiap Masjid/Musholla.

“Inovasi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat kita terus lakukan bersama Pemkot. Termasuk mengajak peran warga untuk lebih peduli melalui kegiatan sosial lainnya,” ujarnya. (adi)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending